Bakamla RI Ikuti Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) ke-12 di Sydney

    Bakamla RI Ikuti Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) ke-12 di Sydney

    Sydney - Kepala Zona Bakamla Timur Laksma Bakamla Agam Endrasmoro dan Analis Kebijakan Ahli Madya Kolonel Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R., turut serta berpartisipasi dalam kegiatan Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) ke 12 tahun 2023 di Sydney, Australia, Kamis (19/10/2023).

    Sesi pembukaan latihan yang diikuti oleh 22 negara ini dipimpin oleh Wakil Komandan Australian Border Force (ABF), Timothy F., dan dilanjutkan dengan sambutan dari Laksma Bakamla Agam Endrasmoro. Pada sambutannya, beliau menekankan pentingnya kerja sama internasional dalam menghadapi tantangan keamanan maritim.

    Pada kesempatan ini, Bakamla RI yang diwakili oleh Kolonel Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R., turut memberikan paparan mengenai Upaya dalam Meningkatkan Keamanan Maritim di Indonesia dan kawasan perairan sekitarnya. Dalam paparannya, beliau menjelaskan mengenai isu-isu keamanan laut Indonesia dan kawasan sekitarnya seperti perdagangan narkoba, penangkapan ikan secara illegal, penyelundupan, perampokan di laut, perdagangan manusia, sengketa perbatasan, dan polusi laut. Lebih lanjut, Kolonel Bakamla Hudiansyah Is Nursal, juga memberikan penjelasan mengenai upaya Indonesia, khususnya Bakamla RI dalam menangani isu-isu keamanan laut tersebut.

    Pada pelatihan ini, Letnan Kolonel Marthin Wray dari MBC, Lester Yong Jia Rong dari IFC Singapura, dan Fasilitator Pelatihan juga turut memberikan paparan.

    Kegiatan ini diakhiri dengan acara makan malam yang berlangsung di Sydney Museum, dihadiri oleh seluruh peserta dan penyelenggara. Ini merupakan momentum penting untuk memperkuat kerjasama dan kolaborasi dalam menjaga keamanan maritim di seluruh dunia. (Humas Bakamla RI)

    sydney
    Ahmad Rohanda

    Ahmad Rohanda

    Artikel Sebelumnya

    LIVE: Upacara Peringatan Ke-78 Hari Tentara...

    Artikel Berikutnya

    AKP Yulandy, Sosok Polisi Tegas Tetapi Humanis

    Berita terkait